Pemerintah Israel Kecam Film ” Miral “

Pemutaran film “Miral” yang disutradarai sineas AS keturunan Yahudi, Julian Schnabel, di Majelis Umum PBB pada Selasa (15/3) ini, membuat berang pemerintah Israel.

Film “Miral” diangkat dari novel autobiografi karya Rula Jebreal, seorang wartawan Palestina. Dalam novelnya, Jebreal mengangkat cerita seputar konflik Arab-Israel setelah tahun 1948 dari sisi pandang seorang Palestina.

“Miral” adalah nama tokoh dalam film tersebut. Sama seperti Jebreal, Miral tumbuh di sebuah panti asuhan di kota Yerusalem Timur. Rumah yatim piatu itu dikelola oleh seorang keluarga Palestina kaya raya, yang pada suatu pagi di tahun 1948 menemukan 55 anak Palestina yang berhasil melarikan diri dari sebuah desa yang direbut pasukan Zionis. Mereka lalu diasuh oleh keluarga kaya tersebut.

Selanjutnya, Schnabel, sutradara yang kerap memenangkan penghargaan, dalam film ini menelusuri kehidupan dua orang perempuan Palestina dari mulai membangun panti asuhan itu sampai masa perjanian Oslo tahun 1993, perjanjian “damai” antara Israel dan Yaser Arafat yang mewakili Palestina.

Pemeran utama film “Miral” adalah seorang aktris India, Freida Pinto yang dikenal lewat film “Slumdog Millionaire”. “Miral” juga diputar di festival film Venice pada tahun 2010.
Schabel mengatakan, film “Miral” merupakan kisah kehidupan seorang warga Palestina dan sangat penting bagi seorang Yahudi Amerika seperti dirinya, menceritakan tentang kehidupan seorang warga Palestina.

“Intinya, karena saya seorang Yahudi Amerika, itulah sebabnya cerita ini menyentuh hati saya, karena ini merupakan bagian terbesar dari kehidupan saya,” ungkap Schabel.
Ia melanjutkan, “Penting bagi kaum Muslimin untuk mendengar ini semua, penting bagi kaum Yahudi untuk melihat ini semua, juga untuk Israel dan untuk siapa saja, di mana saja.”

Pemutaran film “Miral” di Majelis Umum PBB membuat berang Israel. Rezim Zionis itu menyatakan kecewa atas sikap PBB yang mengizinkan film itu diputar di Majelis Umum. Namun Juru Bicara PBB, Jean-Victor Nkolo mengesampingkan protes Israel itu dan menegaskan tidak ada motif politis dibalik pemutaran film tersebut. (pakaryahudi/amoeba)

Link: http://www.referensimuslim.com/2011/03/pemerintah-israel-kecam-film-miral.html

Baca juga :

Iklan

Posted on 1 Mei 2012, in Yahudi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Mohon MAAF komentar yang mengandung link afiliasi, kalimat promosi, akan dihapus. Terima kasih

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: