“Iran Tidak Pernah Berperang Melawan Israel”

Opini yang mengatakan  hanya Iran  Negara yang konsen mendukung Hamas dipertanyakan oleh Tiar Anwar Bachtiar. Pengarang buku “Mengapa Hamas Dibenci Israel” ini menyatakan dalam sejarah,  Iran belum pernah sama sekali terlibat perang melawan Israel.

“Klaim itu perlu dibuktikan,” tegasnya sebagaimana dikutip Hidayatullah, Rabu (11/07/2012) menanggapi pernyataan Anggota Dewan Revolusi Iran, Prof Rahimpour Hassan Azghadi.

Tiar mencontohkan pada kasus Mesir. Peralihan kepemimpinan dari Husni Mubarak ke Muhammad Mursy mampu mengubah peta Mesir dan Palestina. Mursy yang berasal dari kelompok Al Ikhwan seperti Hamas juga diterima baik oleh Arab Saudi.

“Artinya secara prinsip Arab Saudi sangat mendukung Hamas dan Palestina untuk merdeka,” katanya yang juga menjelaskan derasnya dukungan masyarakat sipil Arab kepada Hamas tidak bisa dikesampingkan.

Begitu pun ketika rombongan relawan Kapal Mavi Marmara dari berbagai negara melakukan perjuangan untuk membantu warga Gaza.

“Mereka pasti ingin bertemu Hamas, bukan Fatah,” ujarnya. “Jadi tidak betul hanya Iran yang mendukung Hamas,” sambungnya.

Terkait dengan pernyataan Hassan bahwa politik luar negeri Iran tidak pernah mengandung kepentingan Syiah, Tiar memiliki pandangan tersendiri. Meski, tidak selamanya diplomasi Iran melulu mengandung muatan teologis, tetapi tetap saja dasar ideologis itu pasti menyertai setiap kebijakan Iran.

“Jadi tidak mungkin faktor ideologi dikesampingkan begitu saja. Apalagi Iran memang mendeklarasikan Syiah sebagai ajaran resminya,” tandasnya.

Ketua Umum PP Pemuda Persis ini menyimpulkan dukungan Iran kepada Palestina tidak lebih kepada muatan ekonomi dan politik. Palestina menjadi menarik karena ia bersinggungan dengan geopolitik Timur Tengah.

“Siapa yang menguasai Palestina, maka dia akan menguasai jantung dunia. Makanya Palestina akan menjadi rebutan,” papar kandidat Doktor Sejarah UI ini.

http://fimadani.com/iran-tidak-pernah-berperang-melawan-israel/

Baca juga :

Posted on 12 Juli 2012, in Iran and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Mohon MAAF komentar yang mengandung link afiliasi, kalimat promosi, akan dihapus. Terima kasih

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: