Reality Show Yang Menuai Protes

Reality Show merupakan acara atau program televisi yang menyajikan kejadian nyata dalam kehidupan sehari-hari. Figur dalam program acara tersebut juga dari kalangan warga biasa, bukan artis yang sering di televisi. Di layar kaca Indonesia, genre itu sempat menjadi primadona dengan mengungguli program televisi lainnya seperti sinetron yang sarat dengan intrik dan rekayasa.

Tapi berkembang, tampaknya ‘dalang’ di belakang layar semakin kehilangan idenya dan menghalalkan segala cara demi mengejar rating. Tidak sedikit acara bertajuk reality show itu menampilkan kenyataan yang dibuat-buat. Rekayasa itu dengan cara melakukan audisi untuk mencari orang untuk memerankan karakter dalam program tersebut. Bahkan, skenario untuk menyajikan program itu sudah dibuat terlebih dahulu.

Akibatnya, banyak adegan yang sering kali kelewat batas. Hal itu berdampak pada protes bahkan dihentikan penyiarannya oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Berikut beberapa reality show yang menuai protes:

Super Trap (pasang kamera di toilet)

Program Super Trap edisi “Toilet Umum” yang ditayangkan 25 November 2012 menuai banyak hujatan. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menerima sebanyak 50 laporan pengaduan terkait program ini.


“Ini kemarahan orang yang menganggap tidak pantas untuk tayang di televisi. Sangat tidak etis memasang kamera di dalam toilet,” ujar Komisioner KPI Nina Muthmainnah Armando kepada merdeka.com, Senin (26/11).

Termehek-mehek

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Fetty Fajriati Misbach mengatakan Termehek-mehek yang ditayangkan Trans TV ditegur karena menyiarkan acara yang mengandung kekerasan dan kata-kata kotor.

“Kekerasan sudah melampaui batas,” kata dia, beberapa waktu lalu.]

Dibayar Lunas

Program reality show Dibayar Lunas yang ditayangkan pada Sabtu, 6 Juni 2009 pukul 17.30 WIB di RCTI ditegur karena dianggap mengeksploitasi orang miskin.

“Program ini dinilai mengeksploitasi orang miskin, tidak mendidik dan tidak manusiawi,” kata dia.

Curhat Bareng Anjasmara

KPI Pusat memutuskan untuk menghentikan program reality show “Curhat dengan Anjasmara” yang ditayangkan TPI (sekarang MNC TV).


KPI Pusat menilai program Curhat telah melanggar UU No 32 tahun 2002 tentang Penyiaran serta P3 dan SPS karena menyajikan tema-tema dewasa yang tidak layak ditayangkan di televisi. Program tersebut sering kali menampilkan kekerasan verbal dan fisik secara dominan dari awal sampai akhir acara.

Ari Wibowo Mencari Pembantu

Tayangan Reality Show, ‘Ari Wibowo Mencari Pembantu’ (AWMP) diprotes oleh Gerakan Advokasi Perlindungan Hukum Pekerja Pembantu Rumah Tangga (GAPH-PRT) yang merupakan gabungan beberapa organisasi perempuan seperti LBH-APIK Jakarta, KPI (Koalisi Perempuan Indonesia), Serikat Tunas Mulia Yogyakarta (STMY), Gabungan Operata (Organisasi Pekerja Rumah Tangga) Jakarta, dan Jaringan Masyarakat Miskin Kota.


“AWMP sangat jauh dari kenyataan yang ada, kehidupan Pembantu Rumah Tangga (PRT) di negeri ini karena semata-mata hanya menonjolkan ‘hiburan’ dan meninabobokkan penonton terhadap persoalan yang saat ini tengah dihadapi oleh beratus-ratus PRT Indonesia baik di dalam dan di luar negeri,” kata Susi Apriyanti, koordinator STMY di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jl. Diponegoro, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sexophone Trans TV

Sexophone adalah sebuah acara talkshow di Trans TV yang memberikan edukasi seks. Acara yang dikemas ringan ini akan dipandu oleh pasangan pembawa acara cantik, Chantal Della Concetta dan Zoya Amirin.


Sexaphone adalah tayangan khusus dewasa sehingga ditayangkan pada waktu tengah malam. Acara ini akan memberikan Anda berbagai pengetahuan dan wawasan baru mengenai sex education.

Namun sayangnya, justru tayangan malam ini juga ditonton oleh anak-anak usia sekolah dan abg. Jadi baiknya TV tidak menayangkan program acara seperti ini, meskipun ditayangkan malam ataupun tengah  malam sekalipun.

InterMezzo

Talk Show Yang Dibawakan oleh Cak Lontoh ini merupakan terobosan baru yang di ciptakan oleh MNC TV, sebelumnya tidak ada Talk Show yang di hadirkan pada tv swasta yang dulu namanya adalah TPI ini. namun kehadiran cak Lontoh menghadirkan suasana baru, dia yang berlatar belakang seniman humor, yang juga menghiasi  beberapa acara STAND UP COMEDY dalam tv swasta yang berbeda. Menghadirkan suguhan talk show menarik di tambah lagi dengan co-host baru Wendy Cagur yang menambah kemeriahan serta pembawaan yang Lucu untuk di saksikan.

Kekurangan disetiap talkshow adalah selalu disetiap acaranya selalu mengundang bintang tamu, entah apakah dia artis atau bukan, si tamu (wanita*) berpenampilan seksi dengan berpakaian minim atau ketat atau terbuka seksi. Nah, apakah si produser tau bahwa yang menonton bukan saja orang dewasa tapi juga anak-anak. Apakah sengaja untuk mengajarkan pada anak-anak apalagi mereka usia sekolah.

Bukan Empat Mata

Siapa yang tidak tahu bukan empat mata. Talk Show berikut adalah talkshow yang di pandu oleh Tukul Arwana dan yang membuatnya menjadi terkenal seperti sekarang, Talk Show yang menghadirkan para tamu artis dan pejabat negara ini menarik untuk di minat, karna tidak lain pembawaan tukul sebagai host, yang menampilkan sifat lucunya. Meskipun sempat berhenti saat namanya masih “Empat Mata” Lalu di ganti menjadi “Bukan Empat Mata” karna kasus cipika cipiki Tukul terhadap tamu wanita, dan Sempat berhenti saat menayangkan Sumanto memakan hewan secara hidup namun Talk Show ini tetap Bertahan cukup lama.

Meski tayangannya sempat di hantikan, namum acara ini sekarang tambah meriah selain adanya Vega ditambah dengan adanya Pepi, Olla Ramlan menjadi empat host. Namun disayangkan, penampilan Vega yang sempat ditegur karena selalu berpenampilan seksi sampai sekarang tidak berubah. Kayaknya tidak jera dengan teguran KPI atau KPI-nya yang tutup mata?

Sedap Malam RCTI

Hari Rabu malamnya, RCTI memberikan suguhan yang berbeda!. Ini bukan hanya Program biasa namun juga memberikan tontonan talkshow yang : HOT, MEMBAHANA dan SENSASIONAL.

Malam anda di buat semakin Sedap dengan kehebohan 2 host yaitu Ruben Onsu Nycta Gina dan Mongol . Kekonyolan, Kelucuan dan Haru Biru dikemas selama 90 menit.

Tidak hanya menghadirkan bintang tamu yang ditunggu-tunggu, namun pemirsa juga akan di buat Gemes dengan Goyangan Neng Geulis yang akan menggoda mata setiap laki-laki, selain itu  Neng Geulis juga akan memberikan informasi seputar : TIPS dan Seluk Beluk Kehidupan Orang Dewasa.

Tayangan seperti ini sangatlah tidak pantas ditayangkan di TV kita dan baiknya dihentikan, tidak mendidik. Obrolannya yang hanya boleh di konsumsi orang dewasa ternyata juga ditonton oleh anak-anak.

Ditambah lagi kehebohan ditunjukan oleh jaipongannya Neng Geulis yang erotis dan berbau pornoaksi sangat tidak pantas tayang di televisi yang ditonton jutaan mata di nusantara mulai dari anak-anak, abg, dewasa sampai orang tua. Jangan sangka, pada jam-jam larut malam anak-anak juga masih melek tidak tidur.

Tayangan acara-acara di atas ada yang sudah ditegur KPI ada juga yang belum, moga aja para pembuat acara segera menarik program acaranya menjadi yang lebih sopan dan mendidik, apalagi tayangan ini tidak saja ditonton orang dewasa, para ABG, dan anak-anak sekolahpun menontonnya.

( Dari berbagai sumber )

Baca juga :

Posted on 27 November 2012, in Kontroversi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. udah acara nya ganti sama dunia dalam berita trus abis itu laporan khusus … habis itu bkin acara sdiri dikamar masing2.

    “LEBAYY”

  2. LEBAY-nya yg andi ya😀

  3. lebayy.. nih… tuh acara boleh2 z siar… ada jam waktunya x… jam nya malam .. dimana anak2 / bocah.. dah pada harus tidur… kan ada yg namanya siaran SU, R, D , BO…. tuh udah jelas… yg menuai protes ini orang dewasa yg berpikir anak2 bocah… udah tau itu acara buat orang dewasa bukan buat anak2… ngapah mesti berfikir pake pikiran anak2.. berfikirlah dengan pikiran dewasa…. tau mana yg baik dan mana yg tidak…
    kita jngan sampai ketinggalan… mulu…. bangsa ingin berkembang… jd sulit….

    bener gak…

    • TIDAK BENAR.
      anda yg lebay kali..

      anda tau dari mana anak2 jam segitu udah pada tidur?
      disebagian tempat mungkin ada, ya mungkin ditempat anda begitu. Saya bisa lihat sendiri anak2 sekarang, malam2 masih keluyuran, jam 10, 11, malah jam 12 malam mereka baru pulang.

      nah, yg baru pulang itu tidak langsung tidur kan (iya ada juga yg langsung tidur), bete trus stel TV, hayo,, gimana tuh???

      itu anak2, gimana yg seumuran anak SMP/SMA?

Mohon MAAF komentar yang mengandung link afiliasi, kalimat promosi, akan dihapus. Terima kasih

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: