Film “Cinta Tapi Beda” Lecehkan Warga Minang

Film Cinta Tapi Beda Lecehkan Warga MinangDiputarnya film Cinta Tapi Beda di bioskop pada tgl 27 Desember 2012 kemarin yang menggambarkan Gadis Minang Diana (penganut Katholik taat) berpacaran dengan Cahyo laki-laki Jawa (muslim yang taat) mereka mau menikah, tetapi Ibu Diana, Tante/Omnya, kakak-kakaknya tidak setuju orang Minang Katholik kawin dengan orang yang beda Agama.
Akhirnya Diana dijodohkan dengan laki-laki Minang, dokter Oka yang seiman (Katholik juga). Alur cerita film ini pada dasarnya telah menyimpang dari falsafah “Adat Basyandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” (adat berlandaskan syariat, syariat berlandaskan kitabullah). Sebagian lokasi syuting pun di Sumbar/Minangkabau yang berpenduduk mayoritas muslim taat. Film ini memutarbalikkan fakta dan memojokkan masyarakat Minang yang kental adatnya dengan agama Islam.

Menyikapi hal itu, Ketua Pengurus Pusat Keluarga Mahasiswa Minangkabau Jaya (KMM JAYA), Muhammad Rozi menyatakan sangat terusik (terhina) dengan film tersebut.

“Meminta Hanung Bramantyo yang menyutradarai film ini meminta maaf kepada mahasiswa dan masyarakat Minang dan menghentikan penayangan film ini di bioskop karena dapat merusak sendi-sendi adat dan budaya masyarakat Minang dalam berkehidupan sehari-hari yang sangat menjaga hubungan antar sesama,” demikian rilis KMM JAYA, yang diterima voa-islam.com, Kamis (3/1/2013).

Selain itu, KMM JAYA mencium adanya agenda terselubung dari orang-orang yang mendukung film itu untuk menghancurkan adat dan budaya masyarakat di Indonesia. [Islamedia/amoeba/voa-islam]

———-

Baca juga :

Iklan

Posted on 4 Januari 2013, in Kontroversi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Mohon MAAF komentar yang mengandung link afiliasi, kalimat promosi, akan dihapus. Terima kasih

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: