Gangguan Perut yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Sakit perut pasti dialami oleh hampir semua orang. Gangguan yang terjadi pada perut sering dianggap sebagai gejala ringan. Namun, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda sering mengalami gejala tersebut.

Sakit perut bisa saja menjadi gejala atau pertanda masalah serius pada perut Anda pada beberapa kasus. Dengan berdasar pada gejala sakit perut, sebaiknya Anda mengetahui apa saja kondisi serius yang mungkin saja Anda alami.

> Batu Empedu

Batu empedu adalah batu yang terbentuk di dalam kandung empedu, yang merupakan kantung kecil yang menggantung di bawah hati dan diperlukan untuk mencerna lemak. Terkadang, batu-batu ini menyebabkan pembengkakan dan dapat menghalangi saluran ke usus sehingga mengakibatkan rasa sakit.

Sisi perut kanan atas adalah bagian yang kerap terasa sakit karena batu empedu, terutama setelah Anda mengonsumsi makanan yang berlemak. Kandung empedu akan terpicu untuk berkontraksi karena makanan-makanan tersebut.

Vivek Kaul, MD, Divisi Gastroenterologi dan Hepatologi di University of Rochester Medical Center in Rochester mengatakan bahwa “Jika kandung empedu meradang, setiap kontraksi yang muncul akan diperkuat, dan biasanya akan menyebabkan rasa sakit.”

> Pankreatitis atau Peradangan Pankreas

Rasa sakit seperti terbakar di perut bagian atas atau tengah dapat disebabkan oleh peradangan pankreas. Bakan, rasa linu hingga ke area punggung dialami oleh beberapa orang. Pemicu dari penyakit adalah terlalu banyak minum minuman beralkohol.

Osama Alaradi, MD, seorang gastroenterologist di Henry Ford Hospital mengatakan bahwa “Untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa berbaring telentang dan tarik lalu buang napas secara perlahan. Hal ini juga kadang disertai rasa mual.”

> Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Rasa nyeri di bagian atas perut dan di bawah dada atau yang lebih dikenal dengan nama heartburn diakibatkan oleh penyakit ini. Katup yang memisahkan perut dari kerongkongan dalam kondisi lemah adalah pemicu hal tersebut. Zat asam dari perut akan naik ke dada karena kondisi ini. Kondisi ini akan semakin diperparah dengan makan makanan yang mengandung banyak lemak.

> Endometriosis

Ketika sel-sel dari dinding rahim menyebar ke area yang tidak semestinya dan mulai tumbuh di bagian lain dari tubuh, yang biasanya di sekitar panggul maka terjadilah kondisi ini. Rasa nyeri, haid yang tidak teratur hingga ketidaksuburan adalah efek dari gangguan ini.

Pembedahan dapat dilakukan jika endometriosis hanya pada satu area kecil. Pengobatan dan terapi hormone adalah jenis  perawatan lainnya. Kondisi ini cenderung akan mendorong rasa sakit yang luar biasa ketika siklus menstruasi datang.

> Masalah Tiroid

Tiroid juga dapat menyebabkan masalah pada bagian perut kelenjar tiroid terletak di area leher. Kerja dari saluran pencernaan akan lebih cepat jika kelenjar memproduksi terlalu banyak hormon. Diare dan kram perut adalah efek dari kelebihan hormone tersebut. Sebaliknya, Anda akan mengalami sulit buang air besar dan produksi gas terpicu ketika hormone yang diproduksi terlalu sedikit.

Alaradi mengatakan bahwa “Tiroid memiliki beberapa fungsi dalam mengatur kerja organ tubuh, salah satunya adalah kerja saluran pencernaan.” (health.lintas.me)

Baca juga :

Posted on 11 Maret 2013, in Health and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Mohon MAAF komentar yang mengandung link afiliasi, kalimat promosi, akan dihapus. Terima kasih

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: